Aurora said, a girl should be two things: classy and fabulous
RSS

Saturday, December 01, 2012

Rumto Coffee House

Setahun yang lalu aku mudik ke Toraja, dan pasti bakalan selalu mampir ke Rumto Coffee House untuk icip icip black coffee nya.

Rumto Coffee House lokasinya di jalan Poros Bolu, dan tempatnya not a kind of big and superb cafe. Hanya sebuah coffee house sederhana dengan pemilik yang ramah dan sofa biasa. Well, bagusnya...you will find a good wi-fi quality here... While other coffee house doesnt even have any wifi facility.

Aku belum posting foto cafenya, but as soon as possible yaw. Hehehe.
Di Coffee House ini, kita di serve dengan kopi yang menurut aku enak beeeeet............ Enak banget. Totally earthy and feels so ethnic. Coffee House ini cukup lengkap menjual kopi dari green bean, roasted hingga blended coffee. Packaging beannya yang bagus, menggunakan bambu dan kayu, dengan ukiran dan motif khas Toraja. Pemiliknya juga ramah banget sama customer.

Well, aku ada beberapa saran buat coffee house ini sih....
Menurut aku suasana homy cafe nya dapet banget, berasa di rumah karena tempat yang cukup hangat dan tidak begitu luas. seperti Starbucks versi lebih lokal kali ya. TAPI better jika tempat lebih di upgrade gitu. Soalnya tahun ke tahun ya gitu-gitu aja, paling furniture yg bertambah atau berubah posisi.
1. Aku saranin mungkin akan bagus jika lantainya full carpet. Lebih eksklusif dan nyaman.
2. lampunya mending pakai lampion yang isinya lampu hemat energi. Lebih murah dan lebih bagus, dibanding lampu remang-remang yang boros energi listrik. Lebih hemat dan eco-efficiency.
3. Menu ditambah lagi deh. Lebih inovatif dari tahun ke tahun. Kopi blend sepertinya banyak diminati, latte art, dll.
4. Aku ngga tahu apa coffee house ini punya barista, well akan sangat bagus jika ada. Minimal, pemilik ikut barista course. Jika pernah, ikuti lagi untuk tahu inovasi kopi terkini.
5. Jika ada latar belakang seperti ini, promosi akan sangat mudah bukan? Cukup membuat paket belajar membuat kopi yang enak ala Rumto Coffee House. Woow..... Aku bakal dengan senang hati ikut, bahkan mengajak rekan-rekan pecinta kopi kesana. Promosi yang memberi advantage bagi masing masing pihak bukan? Hehehe. Cafe untung, customer senang dengan experience baru.
6. Rumto harusnya aktif di komunitas peminum kopi, apalagi tahun ini hingga akhir 2013 akan ada event besar Archipelago coffee yang akan digelar di seluruh Indonesia. Mudah saja, bisa dengan twitter, atau terjun langsung sebagai participant dalam event tersebut.
7. Melihat kesuksesan kopi sapan dari Toraja, yang diusung salah satu kafe di Jakarta, Rumto juga harusnya bisa mengangkat kopi ini. Kopi ini menjadi kopi termahal diantara semua kopi Indonesia dalam pelelangan di salah satu lembaga agrikultur kopi terbesar di dunia. Mahal karena kualitas lho...

Kalau perlu malah mengusung jenis kopi lainnya berdasarkan nilai demografis, misalnya Toraja Kalosi Coffee.

8. terakhir, walau pelayanannya oke, aku harap Rumto bisa membuat motto seperti ini: sediakan kopi, layani dengan keramah tamahan. Bukan dengan sedia kopi layani dengan kopi. Karena, di cafe, pelanggan bukan hanya sekedar ingin minum kopi, itu sih bisa dilakukan sendiri di rumah. Hehehe. Pelanggan datang to socialize, bercengkerama, mengerjakan tugas, bersantai, dll. Jadi bukan kopinya yang dicari, namun suasananya, yang didukung oleh keramah tamahan pelayan.

Well I really love this coffee house, recommended banget Robusta Black Coffee-nya. Kamu yang lebih suka arabica dibanding robusta akan berubah pikiran setelah meminum kopi hitam robusta dari cafe ini.
Dan aku berharap (banget) Rumto Coffee House dapat bergerak mengikuti tuntutan customer, mengingat persaingan sangat dinamis seiring perkembangan pecinta kopi masa kini.

9 comments:

Warung Kopi Arya said...

dengan prinsip kafe coffee break, memang pelayanan yang ramah sangat penting. lebih bagus lagi jika ditambah penyediaan bacaan gratis

Obat Stroke said...

artikelnya sangat menarik dan sangat berguna....

Obat Tradisional Kanker Kelenjar Getah Bening said...

Wah info yang pas buat pecinta ko[i kaya saya nich

Ace Maxs said...

menarik dan berguna artikel nya !!

Anonymous said...

[url=http://www.freewebs.com/order-amoxicillin/]amoxicillin to get high
[/url]amoxicillin 500 mg bronchitis
where to buy amoxicillin in the uk
amoxicillin 875 mg uti

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

I visited multiple websites exhept the audio featue for audio songs present at this web site
iis actually wonderful.

Stop by my web site - weight loss tips for pcos

Beby Lim said...

Aslijudi
Judi Slot
Prediksi Parlay
Livescore