Aurora said, a girl should be two things: classy and fabulous
RSS

Sunday, May 24, 2009

Danau Assa (2)

Banyak yang nggak tahu tentang danau assa , termasuk orang Toraja sendiri. Hm, belasan tahun yang lalu, tempat ini merupakan objek wisata yang kurang dikenal orang. Sekarang pun begitu, bahkan Dinas pariwisata di Toraja pun nggak tahu. Ckck...padahal...tempat seindah ini nggak bisa dileawatkan begitu saja.

Tapi saya senang sih, cuz tempatnya masih natural banget, gara2 bukan lagi objek wisata. Tidak ada sampah yang berserakan , air bersih dan kerbau yang menghiasi kehidupan di danau.

Well, ada gosip nih, denger denger dari Andy Williams (yang doi jug cuma denger2 dari orang2), di dalam danau ini, terdapat Moa (dalam bahasa Toraja: Masapi) yang Bukan Moa Biasa, dideskripsikan memiliki telinga sebesar nyiru (dalam bahasa Toraja: Barang). Itu tuh, wadah lebar yang dianyam berbentuk bundar. Hii...ngeri sendiri deh, ngebayanginnya .. telinganya aja dah segede gitu, palagi badannya.

Jadi inget moa yang saya & sekeluarga makan kemaren sore, hmm...yummy.... tapi telinganya segede upil doang tuh! (boong ding!) ah, saya sih nggak tahu telinganya yg mana. Hahahaha....ato mungkin ga keliatan yah??

Nah, balik ke danau assa, tempat yang hijau, segar , sejuk nan tenang. Rasanya damai.
Tempatnya juga cocok buat foto pre-wedding, hehehe.. (boleh tuh!)
dikelilingi bukit hijau plus air hijau penuh lumut yang indaaaah...bangeeet.....
riak-riak air lembut mendesir mistis, what a beautiful view.

Jalan kesananya aja yg lamaa bgt,...hm...belok kiri, kanan, serong kiri , kanan..turunan , tanjakan , tanjakan sambil belokan , lubang di jalan , becek ,huaahhh.....capek! hehehe, tapi pasti terbayar dengan indahnya view yg ada disana!

U wanna try?

9 comments:

Lomar Dasika said...

Hi!

salam kenal.

waktu saya ke Toraja, saya nggak sempat ke Danau Assa ini...malah bener kata kamu, saya belum pernah denger nama danau ini.

Tapi waktu itu saya ke Ti'ilanga untuk melihat kolam yang ada Moa/Masapinya....emang sich, suasana di kolam tersebut agak mistis, terutama dengan cerita si bapak penjaga bahwa moa tersebut bisa mengabulkan harapan dan keinginan. Didukung oleh rerindangan pepohonan, komplit deh suasana mistis yang terbangun. hehehe....
tapi jujur, di toraja tidak ada tempat yang tidak cantik. semuanya manis dan cantik, mau difoto dimana saja, hasilnya pasti bagus...uh...rindu pengen kesana lagi :)

Aurora Wibrianne said...

Hi, saya panggil kamu dgn panggilan apa?
well...Tilanga' memang kuat mistisnya. Ditambah dengan aturan bahwa masapi yg ada di tempat itu tidak boleh dimakan karena mengundang karma (berdasarkan adat dan kepercayaan orang dulu).
Tapi sekarang, tdk pernah lagi terlihat masapi yg besar. Sayang sekali.
hehe....anyway, saya suka blog kamu, jadi terobsesi travelling keliling Indonesia. :D

Kalau ke Toraja lagi, saya siap jadi guide kamu. Plus nyediain tempat tinggal. Kebetulan, saya kerja sampingan jadi guide gratis bagi para turis. :)

I love travelling.

Lomar Dasika said...

hi...panggil nama aja gapapa :D nama saya Lomar :)

waktu kemarin kesana, jangankan masapi yg besar, yang kecil pun tak terlihat sama sekali. tapi katanya bisa dipancing dengan telur rebus yah? unik sekali yah. kata si Bapak, ada masapi yang besar sekali yang bisa berdiri tegak di atas permukaan air. itu muncul karena orang yang minta sesuatu itu melakukan puasa.

terima kasih loch sudah menyukai blog saya...hehehe...
wah, mau jadi guide? terima kasih lagi kembali. hehehe...someday, pasti saya akan kesana, dengan target utamanya Mamasa (lewatin Toraja juga pastinya)
sayang yah, ada berita hari ini, ruas Palopo-Rantepao longsor jadi terputus...semoga cepet diperbaiki yach oleh pemda setempat :)

Saya Cinta Jelajah indonesia :D

Aurora Wibrianne said...

Wow cool. Iya, ga sreg rasanya ke sulawesi tanpa Toraja dan Mamasa. Fyi, Mamasa juga sering disebut sebagai Toraja Barat. Bahasa dan kebudayaannya hampir sama..hehe.

soal longsor itu, sayang banget. Mungkin kamu belum pernah lihat tempat itu sebelum longsor, tersembunyi di atas bukit, ada sungai terjal, yang bukan main indahnya. :) sayang, sekarang malah jadi longsor.

well, sy tunggu postingan berikutnya tentang Indonesia.

Lomar Dasika said...

oya? dari informasi yang aku baca, antara Mamasa dan Toraja sama sekali tidak berhubungan darah. mengapa? sebab antara Toraja dan Mamasa tuh terhalang secara geografis oleh gunung-gunung dan bukit-bukit. ini yang menyebabkan kebudayaan mereka berbeda (walaupun ga berbeda jauh) termasuk bahasa dan Tongkonannya...duh jadi ngiler...
trus ada yang bilang juga, di Mamasa, suasana mistis lebih kental terasa dibandingkan Toraja yang lebih terbuka terhadap turis. benarkah itu?

iya, saya tadi lihat fotonya Dusun Tanete, Battang. ada 6 titik yang amblas jadi benar-benar terputus sama sekali. sedih yah...ada korban jiwanya pula tuh...semoga cepet rehab kembali deh yah

yup, tunggu postingan berikutnya. Kalau sudah selesai di Jawa Timur, saya akan lanjut ke Sulawesi Selatan koq :)

Aurora Wibrianne said...

Wah, keren.. :D
iya bener! Suasana mistis disana lebih kental. Pemandangan yang bagus juga lebih mudah didapat dibanding Toraja yg medannya agak sulit.

Disana mistis banget, saya belom pernah lihat langsung, tapi berasa banget, banyak yang bilang, itu karena ilmu-ilmu gaib disana kuat. Hm..yang paling terkenal, kadang-kadang ada mayat berjalan yang dikendalikan dukun.

**gossip mode: ON**

haha, kira-kira begitulah.

Lomar Dasika said...

Nah!!! itu dia! itu gossip yang aku denger tentang Mamasa. Konon, dibanding Toraja, Mamasa lebih mistis dan keilmuannya lebih kuat dan lebih santer. Pakaiannya bahkan cenderung lebih gelap dan nuansanya lebih hitam dan gelap dibandingkan Toraja kan? soal black magic gitu saya juga pernah denger tentang Mamasa. Tongkonan Mamasa pun katanya lebih berat, lebih berkesan bulky' dan walaupun lebih sederhana dibanding Tongkonan Toraja yang berukir dan berwarna warni yach?Tapi aman kan kesana? hehehe...kalau soal mayat berjalan itu, belum pernah denger sich...hehehe...kalau sampe ada yang kayak gitu, waduh, gak jadi deh...serem >.<

wkwkwkwkwk....

Aurora Wibrianne said...

LMAO.. ahaha. Aman kok, aman.

setahu saya, udah ada hukum setempat tentang magic2 gitu. Sy gak tahu deh, bener pa nggak.

Katanya juga nih, dari sumber terpercaya, disana sekarang lebih ditonjolkan panorama alam dibanding yang mistis2 gitu. Wah, sumpah...jadi penasaran! hehe

Lomar Dasika said...

hihihihi...syukur deh...soalnya penasaran banged pengen ke Mamasa....:D